[Review]: Biore UV Aqua Rich Watery Essence Water Base SPF 50+ PA+++

, , 8 comments
7.5 out of 10
I like it

Setelah bosan menggunakan Ristra Suncare SPF 17 karena ingin meningkatkan level SPF-nya, akhirnya saya beralih ke salah satu sun protection keluaran Biore yaitu Biore UV Aqua Rich Watery Essence Water Base SPF 50+ PA+++.   Awal berniat hanya mencari SPF 30 saja namun karena tidak ada yang menarik, akhirnya saya membawa pulang 'si biru mungil' ini.

Review Biore UV Aqua Rich Watery Essence Water Base SPF 50+ PA+++

Namun setelah terbeli, barulah saya menemukan banyak artikel yang menyatakan tidak ada gunanya orang yang tinggal di daerah tropis menggunakan pelindung dengan SPF tinggi. Berikut pendapat yang banyak disebutkan media online:

SPF 50 menyaring 98% UVB
SPF 50 mampu menyaring sinar UVB (sinar yang dapat membakar kulit dan menyebabkan kanker) sebesar 98%. Berarti jika kita menggunakan SPF 30 akan jauh dibawah persentase itu? Salah besar! ternyata perbedaanya hanya sedikit. Menurut para ahli, SPF 15 sudah mampu menyaring 93% UVB dan SPF 30 sekitar angka 97%.

Dengan SPF tinggi harga menjadi lebih mahal
Jika kita tidak mengetahui bahwa perbedaan kemampuan SPF tidak beda jauh, kita dengan mudahnya percaya bahwa sangat wajar produk dengan SPF tinggi menjadi lebih mahal. Ini mungkin bisa jadi mainan para produsen.

Kunci menggunakan sun protection adalag re-apply
Mau itu SPF 50 atau SPF 15 sekalipun, Anda tetap harus menggunakannya kembali setiap 2 jam. Karena produk pasti sudah hilang karena terkena air (saat berenang) atau keringat.

Jadi sempat menyesal juga membeli produk ini. Tapi tidak mungkin dibuang kan? Mari langsung saja kita review Biore UV Aqua Rich Watery Essence Water Base SPF 50+ PA+++.

Harganya lumayan mahal, yaitu Rp110.000 untuk size 50gr. Untuk packaging saya pribadi kurang suka dengan tutupnya yang bukan fliptop karena sedikit merepotkan harus mengulir-ulir tutupnya. Tapi so far masih lumayan baik dengan kemasan kecil sehingga tidak memakan tempat banyak jika dibawa dalam perjalanan.

Kemasan Biore UV Aqua Rich Watery Essence Water Base SPF 50+ PA+++.
Kemasan belakang Biore UV Aqua Rich Watery Essence Water Base SPF 50+ PA+++
Hal yang paling saya suka karena sesuai judulnya produk ini water based. Jadi ketika digunakan ada sedikit sensasi dingin di wajah. Selain itu hasil akhirnya tidak lengket (seperti jika kita menggunakan sun screen ber-SPF tinggi ketika di pantai yang membuat kulit lengket). Ini sangat penting, karena saya menggunakan Biore UV Aqua Rich Watery Essence Water Base SPF 50+ PA+++ untuk aktifitas sehari-hari ke kantor. Jadi akan sangat merepotkan jika sun protection-nya membuat kulit wajah lengket padahal selanjutnya akan kita timpa dengan make-up. Urutan penggunaan make-up sehari-hari saya sebagai berikut: pelembab dilanjutkan Biore UV Aqua Rich Watery Essence Water Base SPF 50+ PA+++, kemudian ditutup dengan BB Cream, baru disapukan bedak tipis. Sun protection ini juga tidak membuat make-up cepat luntur setelahnya.

Tekstur Biore UV Aqua Rich Watery Essence Water Base SPF 50+ PA+++
Satu hal lagi, awalnya saya takut sun protection dengan SPF tinggi akan memicu comedogenic di wajah karena formulanya yang lebih berat. Namun untungnya hal ini tidak berlaku  bagi Biore UV Aqua Rich Watery Essence Water Base SPF 50+ PA+++. Hingga saat ini wajah saya baik-baik saja setelah penggunaan produk. Ini juga tips penting bagi Anda pemilik wajah berminyak: gunakan sun protection water based bukan cream based, karena cream based akan menutup pori-pori lebih rapat.

Jadi secara fungsi, Biore UV Aqua Rich Watery Essence Water Base SPF 50+ PA+++ menurut saya sudah bekerja sangat baik. SPF tinggi untuk mencegah UVB penyebab kulit terbakar dan PA+++ menghalau UVA yang menggelapkan kulit. Tidak menimbulkan jerawat dan komedo pula, lalu apalagi yang saya cari? Well, ini kembali ke harga yang lumayan (meskipun penggunaannya juga tidak terlalu boros karena sedikit produk sudah bisa digunakan untuk seluruh wajah) dan lagi-lagi SPF yang terlalu tinggi. Saya kembali akan mencari sun protection dengan kategori ini:

- SPF 25-30
- Ada perlindungan PA++
- Water based

Ada yang tahu kira-kira produk apa yang cocok?

Disclaimer: 
Review merupakan pengalaman pribadi penulis dalam menggunakan produk. Hasil dapat berbeda-beda pada tiap orang. 

Lindungi kulitmu gurls...



8 comments:

  1. mba, boleh info belinya dimana ya biore ini???

    ReplyDelete
  2. review yang bagus, cuman pengen tanya, itu gak papa re-apply diatas make-up ? atau malah bisa bikin make-upnya kenapa2 ? makasih mbak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Woooaaahhhh tidak disarankan re-apply diatas makeup. Bersihkan semuanya dan gunakan kembali

      Delete
  3. Coba skin aqua uv moiture gel spf 30 deh mba, itu juga ga lengket dan ga semahal biore

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah thank you masukannya. Kebetulan mau cari yg baru :)

      Delete
  4. Kak bagusan ini atau yang loreal perfect aqua essens City face mist untuk wajah very oily???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hey, saya lebih suka L'oreal Paris UV Perfect Aqua Essence City Face Mist UV Protector, lebih praktis

      Delete