[Review]: Dr. Bronner's Magic Soaps Pure Castile Soap Eucalyptus

, , 6 comments
8 out of 10
I like it

Pernah mendengar produk Dr. Bronner's Magic Soaps Pure Castile Soap? Ini adalah produk sabun alami dari US yang penjualannya sangat tinggi. Pertama kali saya mendengar soal sabun ini adalah dari artikel online yang menuliskan rahasia cantik penyanyi Lady Gaga yang tertangkap kamera setelah dibekam dan disampinya terdapat Dr. Bronner's Magic Soaps Pure Castile Soap tersebut.

Lady Gaga yang tertangkap kamera setelah dibekam dan disampinya terdapat Dr. Bronner's Magic Soaps Pure Castille Soap.

Sejak itu saya mulai penasaran dengan sabun dari Dr. Bronner's. Dan benar saya produk ini dicintai banyak orang karena penggunaannya yang multifungsi.

Dr. Bronner's Magic Soaps Pure Castile Soap memiliki 18 fungsi dalam satu botol. Berikut manfaat yang bisa Anda dapatkan.

1. Shaving
Campurkan Pure Castile Soap dan air lalu diolehkan ke bagian yang akan dicukur sebagai pengganti foam. Mampu mencegah ruam dan iritasi kulit.
2. Shampoo
Gunakan sebagai shampoo seperti biasa lalu dibilas.
3. Pasta Gigi
Tuangkan Pure Castile Soap pada sikat gigi untuk membersihkan gigi Anda.
4. Melegakan Pernafasan
Ketika Anda merasa pernapasan sedikit terganggu (flu misalnya), campurkan Pure Castile Soap dengan air hangat dalam baskom besar. Tempatkan wajah diatas baskom lalu tutupi dengan handuk. Hiruplah uap perlahan-lahan hingga pernapasan terasa lebih lega. Baik terutama dengan varian Peppermint.
5. Body Wash
Seperti menggunakan body wash biasa, tinggal tuangan dalam sponge lalu digunakan membersihkan badan.
6. Bath Soap
Varian yang disarankan adalah Rose untuk menjadi semacam bath oil.
7. Deodorant
Campurkan Pure Castile Soap dengan air dan taruh dalam wadah botol semprot. Pemakaian dengan menyemprotkan ke daerah ketiak Anda.
8. Penyegar Napas
Campuran air dan Pure Castile Soap dalam wadah botol semprot juga bisa digunakan pada mulut untuk menyegarkan pernapasan.
9. Mouthwash
Campurkan Pure Castile Soap dan segelas air lalu dikumur.
10. Hand Soap
Tempatkan Pure Castile Soap pada foaming dispenser untuk digunakan setiap saat.
11. Face Wash
Sebagai pengganti busa pembersih wajah harian.
12. Spa Kaki
Rendam kaki Anda untuk memberikan efek relaksasi dengan Pure Castile Soap.

Fungsi lainnya antara lain:
13. Baby Wash.
14. Pengganti detergen untuk mencuci pakaian.
15. Sabun untuk hewan peliharaan.
16. Membersihkan buah dan sayur.
17. Mencegah serangga.
18. Pembersih peralatan rumah tangga.

Fungsinya banyak sekali kan. Selain itu Pure Castile Soap dari Dr.Bronner ini menggunakan bahan-bahan alami sehingga sangat aman seperti:
Water, Saponified Organic Coconut and Olive Oils, Organic Hemp Seed Oil, Organic Jojoba Seed Oil, Citric Acid, Vitamin E.

Sudah mulai percaya dengan keampuhan produk alami ini? Selanjutnya bagaimana saya mendapatkan Pure Castile Soap hingga bisa me-review-nya sekarang? Saya mendapatkannya dengan membeli salah satu seller di Instagram. Agak sulit memang, karena pencarian dengan keyword #drbronners tidak banyak yang sumbernya dari Indonesia. Namun setelah ketemu, saya memilih 'si merah' Eucalyptus sebagai percobaan pertama.
Pure Castile Soap sendiri ada 8 jenis, dan yang paling banyak diminati adalah Peppermint serta Almond.

8 Varian Pure Castille Soap dari Dr. Bronner.

Sedangkan ini tampilan langsung Dr. Bronner's Magic Soaps Pure Castile Soap Eucalyptus ketika pertama kali saya terima.

Review Dr. Bronner's Magic Soaps Pure Castille Soap Eucalyptus 8oz (travel size).

Saya membeli ukuran botol 237ml (8 oz - travel size) dengan harga Rp195.000. Kemasannya unik, Anda mungkin akan menjungkir balikkan botol untuk pertama kali karena banyak tulisan-tulisan yang saya pikir lebih kearah filosofi dari Dr.Bronner sendiri sebagai si pembuat sabun. Tapi jangan terpaku pada hal itu, mari kita review penggunaannya.


Tulisan sepanjang botol Dr. Bronner's Magic Soaps Pure Castile Soap Eucalyptus.

Kemasan Dr. Bronner's Magic Soaps Pure Castile Soap Eucalyptus.
Meskipun ada 18 kegunaan yang disebutkan sebelumnya, saya tidak menggunakannya untuk semua hal tersebut. Berikut beberapa fungsi yang pernah saya coba.

Face Wash
Saya mencoba menggantikan penggunaan The Body Shop Tea Tree Facial Wash dengan Pure Castile Soap. Ini ada kegunaan paling utama kenapa saya ingin membeli Pure Castille. Hasilnya tidak mengecewakan (bagi saya selama tidak menimbulkan jerawat sudah sangat luar biasa), soap memang fungsinya membersihkan, jadi tidak perlu manfaat yang aneh-aneh lain. Kulit terasa benar-benar bersih dan tidak terlalu kering setelah pemakaian. Wangi Eucalyptus juga saya suka, mirip seperti minyak kayu putih namun lebih ringan. Selain itu pemakaiannya juga tidak perlu banyak, untuk wajah cukup 1-2 tetes saja dan busa yang dihasilkan sudah cukup.

Shampoo
Tidak selalu saya gunakan untuk membersihkan rambut, hanya untuk keadaan darurat saja ketika saya lupa membawa Mane n Tail favorit saya. Setelah penggunaan tekstur rambut jadi agak kesat (kering) jadi segera aplikasikan conditioner atau pelembab rambut.

Sabun
Manfaat sebagai sabun juga baik. Namun untuk yang ini, saya lebih suka mengaplikasikan langsung Pure Castile Soap dikulit tanpa perlu sponge lagi.

Pengganti Pasta Gigi
Pernah saya lupa membawa pasta gigi dan saya pikir kenapa tidak menggunakan Pure Castile Soap saja. Saya tuang 2 tetes ke pasta gigi lalu digosokkan. Namun ups.. Eucalyptus sepertinya bukan varian yang cocok untuk menggantikan pasta gigi atau mouthwash. Rasa yang ditinggalkan dimulut jadi terasa aneh dan tidak mudah hilang. Tetap seperti memasukkan sabun ke dalam mulut.

Overall, saya sangat menyukai produk ini dan akan membelinya lagi dengan varian berbeda. Berikut poin-poin penting yang harus Anda catat.

1. Anda yang suka bepergian harus memiliki Pure Castile Soap
Anda suka jalan-jalan/backpacker/atau keluar kota hingga berhari-hari? Pernah merasa ribet/tas koper Anda cepat penuh? Anda bisa mengurangi isi tas Anda dengan mengganti beberapa peralatan mandi dengan hanya satu Pure Castile Soap. Sabun, face wash, shampoo, hingga pasta gigi bisa Anda tinggalkan dirumah tanpa perlu terpaksa menggunakan peralatan mandi hotel.
Saya pernah outing kantor 2 hari di luar kota dan cukup hanya membawa tas punggung saja disaat yang lain harus menyeret-nyeret koper kemana-mana. Pastikan Anda memiliki travel size package (Dr.Bronner's Pure Castile Soap berukuran 2 oz hingga ada yang 1 gallon).

Dr. Bronner's Magic Soaps Pure Castile Soap Eucalyptus hadir dalam travel sice.

2. Irit..irit..irit
Satu kelebihan lain menurut saya penggunaannya yang tidak perlu berlebihan. 1 - 2 tetes saya sudah cukup. Makanya saya senang sekali karena ukuran 8 oz (237ml) tidak habis-habis hingga hampir 2 bulan saya gunakan setiap hari. Jadi meskipun harganya menjadi Rp195.000 ketika ditangan konsumen, menurut saya sebanding dengan manfaat dan durasi penggunaannya.

Dr. Bronner's Magic Soaps Pure Castile Soap Eucalyptus seperti konsentrat sehingga penggunaan irit.
3. Tidak semua varian cocok untuk manfaat yang Anda inginkan
Contohnya saja percobaan menggunakan Pure Castile Soap Eucalyptus untuk pasta gigi yang gagal total, Anda harus mencocokan varian-varian tertentu dengan manfaat yang ingin Anda dapatkan. Beberapa anjuran dari orang-orang yang sudah menggunakan Pure Castile Soap:
- Unscented Baby Mild untuk perlengkapan mandi bayi.
- Rose untuk menghasilkan busa saat bathtub.
- Peppermint untuk mouthwash/pasta gigi.

Disclaimer:
Review merupakan pengalaman pribadi penulis dalam menggunakan produk. Hasil dapat berbeda-beda pada tiap orang.

6 comments:

  1. Replies
    1. Hi.. bisa cari di Tokopedia.com. Search aja dr.bronner nanti ada beberapa pilihan.

      Delete
    2. Haiy bisa melalui instagram @organicia_beauty

      Delete
  2. ngomong2 itu lady gaga betulan ya fotonya? kok kayak habis di bekam punggungnya. *sorry OOT :p

    ReplyDelete
  3. Sist, recomended g kl jd sampo harian?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa aja karena ga ada kandungan silicone nya (makanya rambbut jadi kering). Kudu banget diimbangi conditioner setelahnya.

      Delete