Bronzer Dalam Contouring Adalah Misconception Yang Masih Terus dilakukan

, , 4 comments
Image credit: thestyleandbeautydoctor.com
Jika Anda memang ahlinya dalam dunia makeup, mungkin post ini bukan untuk Anda. Saya jadi ingat kebiasaan saya yang saya anggap sepele yaitu menggunakan bronzer untuk meng-contour wajah. Make sense, karena warna contouring cream/powder dan bronzer umumnya sama-sama coklat. Harusnya bisa saling menggantikan. Selain itu menggunakan bronzer juga lebih mudah. Tinggal gunakan satu contour brush/angled brush dan Anda sudah bisa menonjolkan tulang pipi kebanggaan Anda itu. Berbeda dengan contour cream/powder yang memerlukan banyak langkah dan peralatan. Bronzer terlihat seperti solusi sempurna 

Tapi mari kita lihat lagi esensinya. Contouring sejatinya adalah menonjolkan fitur wajah dengan memainkan shadow serta highlighting. Kuncinya adalah 'shadow'. Shadow dihasilkan dari warna keabu-abuan (greyish/ashy), bukan warm, bukan cold, bukan terracotta. Dengan memilih warna yang tepat maka Anda akan menghasilkan ilusi/replika shadow yang paling alami (terlepas dari Anda ingin membuat strong jawline, itu preferensi Anda sendiri). 

Sedangkan kita tahu bahwa bronzer dibuat memenuhi imajinasi orang Kaukasian yang ingin terlihat lebih coklat ditempat yang seharusnya terkena sinar matahari saat mereka diluar rumah. Sun-kissed glow mereka menyebutnya. Tampilan wajah yang lebih sehat adalah goal maka dari itu produk bronzer akan memiliki shade warm, bahkan sering ditambahkan shimmer untuk meningkatkan hasil akhir.   

Perbedaan bronzer dan contour
Jadi ketika Anda me-replace contour powder/cream dengan bronzer, bukan bayangan alami yang Anda dapatkan. Anda seperti menempatkan glow di tempat yang salah dengan warna yang kemerahan. Seharusnya glow ditempatkan sedikit lebih diatas dari rahang Anda. Ini tidak tepat. Wajah Anda akan terlihat dirty dan muddy instead of structured, sama sekali bukan tujuan awal dari contouring.  Lihat contoh gambar diatas. Bronzer (kiri) dibawah tulang rahang membuat bayangan yang sangat artificial. Berbeda dengan bagian kanan yang lebih alami.

Jika memang Anda merasa terlalu ribet dengan contouring, maka bronzer bukan solusi satu-satunya dan yang bukan disarankan. Anda bisa beralih ke contour powder yang biasanya sudah dibekali warna coklat dan putih. Jauh lebih mudah digunakan dan effortless. Atau bisa juga coba beberapa blush/eyeshadow yang penting warnanya Anda lihat baik-baik, harus greyish/ashy. Contoh yang paling terkenal NYX Powder Blush in Taupe. You can never go wrong with it.  

Image credit: www.makeupalley.com

4 comments:

  1. Contour palette yang duo gitu menurutku pribadi masih terlalu merah mbak Intan :) Aku pernah pake dari LTpro dan kemerahan hasilnya, padahal dia punya 3 pilihan warna dan aku pake warna tengah. Aku lebih prefer pake eyeshadow coklat sih kebetulan punya yang ashy, karena bronzer incaran masih belum kebeli hiks (It's Hoola btw).

    Sekarang beberapa merk bronzer pun udah tersedia dalam beberapa shade, kayak City Color itu ada beberapa warna, Wet N Wild setauku juga ada beberapa warna (meski ada subtle shimmer-nya). Tinggal pilih yang warnanya coklat cool atau agak ashy aja dan matte biar nggak kayak bronzer jadinya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksudnya yang ini Nin http://www.thesilvertreasure.com/2014/08/lt-pro-shade-tint-kit-02.html ? I c..
      Emang lebih enak pake eyeshadow, biar cepet abis juga.
      Wah sekarang malah lg ngincer L'oreal Infallible Pro Contour Palette, belum nemu yg jual nih

      Delete
  2. Ho oh itu mbak. Punya NYX/Makeover gitu juga sama merahnya, temenku pake. Makanya lebih suka yang khusus contour aja nggak pake highlight kalau mau nyari mah hehehe Buat sekarang, eyeshadow is enough for me :D

    ReplyDelete